Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Kuantan Singingi / Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban

/
/
/
1378 Views

Explore Riau, Kuantan Singingi – Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban. Jika anda ingin menguji seberapa kuat fisik dan mental anda, berkunjunglah ke salah satu objek wisata alam yang ada di provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kuantan Singingi (atau yang selanjutnya disebut Kuansing). Objek wisata yang kami maksud adalah sebuah air terjun yang teletak di tepi sungai kuantan, Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban.

Air Terjun ini diberi nama Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban karena jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat 7 dan mengalir ke aliran Sungai Kuantan. Ketinggian air terjun ini bervariasi untuk setiap tingkatannya. Wisata yang terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan ini biasanya ramai dikunjungi pengunjung pada saat acara mandi Balimau (Mandi Besar) yang digelar satu hari menjelang bulan Ramadhan dan hari-hari besar lainnya seperti hari raya idul fitri, natal, dan tahun baru.

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Explore Riau – Go To Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban Kuansing

Akses Jalan ke Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban

Berjarak sekitar 37 KM dari ibu kota Teluk Kuantan. Untuk sampai ke lokasi air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau pribadi dari Teluk Kuantan menuju kecamatan Hulu Kuantan. Selepas kota Lubuk Jambi, ibu kota Kecamatan Kuantan Mudik (22 KM dari Teluk Kuantan) akan dijumpai persimpangan jalan, bila ke kiri akan menuju Kiliran Jao, arah ke air terjun Guruh Gemurai. Sedangkan bila mengambil arah ke kanan sejauh 11 Km akan sampai ke Kota Lubuk Ambacang, Ibu kota Kecamatan Hulu Kuantan. Waktu tempuh dari Lubuk Jambi menuju Desa Lubuk Ambacang adalah sekitar 20 menit berkendara dengan kondisi jalan beraspal.

Jika kamu dari Kota Pekanbaru, kamu juga bisa juga masuk dari Desa Jake, simpang pos polisi ke Desa Serosah, Mudiak Ulo hingga ke Desa Koto Kombu melalui jalan tanah dengan waktu tempuh kendaraan sekitar 40 menit. Menjelang ke Desa Lubuk Ambacang, dari Koto Kombu kita melewati jembatan beton yang membentang di atas Sungai Batang Kuantan.

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Jembatan Lubuk Ambacang.

Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan boat atau sampan bermesin (pompom) sejauh 4 km melalui aliran sungai ke bagian hulu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Boat ini dapat ditemui di bawah sekitar jembatan atau pun di Pasar Lubuk Ambacang dengan harga sewa Rp 300 ribu. 1 boat dapat menampung maksimal 15 orang. Setelah melewati bukit dengan kemiringan antara 45 derajat hingga 70 derajat dan Pulau Tempurung (bentuknya melengkung seperti tempurung) maka akan sampailah ke lokasi Air Terjun Tujuh Tingkat Batang koban.

Dari dermaga (setelah boat ditambatkan), air terjun tingkat pertama sudah dapat terlihat dan terdengar gemuruh air yang mengalir dari muara sungai. Jika ingin menuju ke tingkat berikutnya (hingga tingkat ke empat) harus menyusuri tebing-tebing terjal melalui tangga beton di antara pohon-pohon yang masih asri.

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Dermaga Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban.

Sedangkan untuk menuju ke tingkat ke-7 dari tingkat ke-4 harus menempuh medan yang lebih berat bahkan dengan bergantungan di antara akar-akar pohon, hal ini cukup menguras energi. Jarak antara air terjun ini berkisar antara 50-100 meter.

Review Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban

Pada hari raya Idul Adha, 1 September 2017 yang lalu, kami melakukan kunjungan wisata ke air terjun ini. 3 orang berangkat dari Kabupaten Indragiri Hulu dan 2 orang dari Jake, Kuansing. Berikut ini review untuk Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban:

1. Air Terjun Tingkat Pertama

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Air Terjun Ke-1 Pada Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban.

Tidak seperti air terjun Guruh Gemurai yang memulai dari atas, di Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban kita memulainya dari bawah. Ya, kita harus mendaki tangga beton yang sudah usang untuk melanjutkan ke tingkat berikutnya.

Air terjun tingkat pertama memiliki ketinggian ± 5 meter dengan kolam kecil yang cukup dalam. Airnya sangat terlihat jernih. Namun karena terletak di bawah tangga, pengunjung biasanya hanya berfoto sebentar agar tidak banyak membuang waktu karena batas penjemputan boat hanya sampai jam 6 sore.

2. Air Terjun Tingkat Ke-2

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Air Terjun Tingkat ke-2 pada Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban.

Air terjun tingkat ke-2 memiliki ketinggian ± 3 meter membentuk aliran miring atau tidak benar-benar terjun, Saya menyebutnya lengser. Terdapat juga sebuah kolam yang tidak begitu dalam dibawahnya, cocok untuk kamu yang tidak bisa renang tapi ingin berfoto di air. Jika dilihat dari dasar kolam, sepertinya tidak ada pengunjung yang berenang disini.

3. Air Terjun Tingkat ke-3

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Air Terjun Tingkat Ke-3 pada Air Terjun Batang Koban.

Tidak ada yang istimewa pada tingkat ke-3. Tingginya hanya ± 1 meter dengan aliran sungai berwarna kuning karat. Entah karena tercemar besi karat atau memang dari bebatuan yang berwarna seperti itu. Akses jalannya pun sudah rusak. Biasanya orang akan melewati air terjun ini ke tingkat selanjutnya.

4. Air Terjun Tingkat ke-4

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Air Terjun Tingkat Ke-4 pada Air Terjun Batang Koban.

Bukan spot utama, tetapi air terjun tingkat ke-4 ini menjadi favorit pengunjung. Disini kita bisa renang, kolamnya cukup dalam. Tak perlu khawatir, terdapat tali kuat yang dapat membantu kamu tetap terapung di air. Bentuk air terjunnya seperti yang terlihat pada foto di atas, tidak benar-benar terjun alias lengser.

Tangga beton hanya sampai disini, selanjutnya kita akan melewati medan yang curam. Jalan setapak, berakar, dan licin.

5. Air Terjun Tingkat ke-5

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Air Terjun Tingkat ke-5 pada Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban.

Tingkat ke-5 masih berbentuk lengser, namun lebih tinggi dan lebar. Tidak ada kolam untuk renang, namun terdapat batu-batu besar berlumut di bawahnya.

6. Air Terjun Tingkat ke-6

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Air Terjun Tingkat ke-2 Batang Koban.

Maaf kami tidak memiliki dokumentasi pada air terjun tingkat ke-6 dikarenakan akses jalan sangat sulit. Jadi kami memilih langsung melompat ke air terjun tingkat ke-7.

7. Air Terjun Tingkat ke-7

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Air Terjun Tingkat ke-7 pada Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban.

Inilah spot yang menjadi tujuan utama para pengunjung. Memiliki ketinggian ± 30 meter dengan bebatuan besar dibawahnya. Airnya sangat sejuk dan rumput-rumput pada dinding tebing terlihat hijau cerah, sangat indah.

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Air Terjun Tingkat ke-7.

Air Terjun ini tidak memiliki kolam untuk renang. Namun airnya lebih dingin dari pada air kolam tingkat ke-4.

Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Enjoy Yourlife!

Demikianlah cerita kami di Air Terjun 7 tingkat Batang Koban Kuansing. Dengan melakukan kunjungan kesini bersama teman-teman, kita dapat belajar tentang kesabaran dan lain-lain. Sifat kamu yang sebenarnya akan terlihat disini. Jadi berhati-hatilah.

Tips untuk Wisatawan

  1. Gunakan alas kaki khusus outdoor (Sepatu/ Sandal)
  2. Bawa logistik dari luar karena tidak ada pedagang disini.
  3. Usahakan kembali ke dermaga sebelum jam 5.
  4. Jangan Panik.
  5. Jangan lupa bernafas.
Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Go Hard or Go Home #ExploreRiau

Saran untuk pengelola wisata

  1. Sediakan life vest (Pelampung) agar pengunjung tidak panik saat berada di boat.
Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
5 (100%) 2 votes
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Tinggalkan Balasan