Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kampar / Ulu Kasok

Ulu Kasok

/
/
/
1302 Views

Explore Riau, Kampar – Ulu Kasok adalah salah satu wisata alam Kabupaten Kampar yang sedang populer dikalangan wisatawan, khususnya muda-mudi Riau. Terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Ulu Kasok disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Riau. Meski tak semegah Raja Ampat di Papua, Uluk Kasok juga menawarkan pemandangan pulau-pulau kecil di tengah-tengah Danau PLTA Koto Panjang.

Ulu Kasok menyajikan 3 objek wisata menarik, diantaranya :

  1. Air Terjun Ulu Kasok
  2. Wisata Pulau
  3. Puncak Ulu Kasok.

Puncak Ulu Kasok merupakan lokasi yang paling diminati oleh para wisatawan, karena dari puncak ini wisatawan dapat menikmati pemandangan pulau ala Raja Ampat. Pulau ulu kasok memiliki luas sekitar 3.200 m. Selain itu, wisatawan yang berkunjung ke Ulu Kasok juga dapat mengunjungi objek wisata lain seperti Air Terjun Gulamo dan Air Terjun Tambang Murai. Untuk mencapai Air terjun Gulamo wisatawan harus menaiki speed boat dengan jarak tempuh sekitar 2 jam untuk sampai ke tujuan. Sedangkan Air Terjun Tambang Murai, hanya setengah jam dari pulau ini menggunakan speed boat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 27 meter.

Jika anda ingin ke Puncak Ulu Kasok anda harus menyediakan stamina ekstra untuk mendaki puncaknya. Jalur pendakian ini masih berupa tanah. Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Puncak Ulu Kasok dengan jarak Tempuh sekitar 500 m pendakian. Tepat di puncak, wisatawan dapat melihat keindahan Danau PLTA Koto Panjang. Selain itu, Wisata alam Ulu Kasok juga menyediakan 8 buah rumah pohon untuk para wisatawan.

Ulu Kasok
Jalur Pendakian ke Puncak Ulu Kasok Kampar.

Masih di sekitar lokasi Puncak Ulu Kasok, juga disuguhkan pemandangan alam lainnya, seperti Air Terjun Ulu Kasok dengan ketinggian sekitar 5 m. Untuk mencapai air terjun, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 500 m. Di Puncak Ulu Kasok juga disediakan ayunan, bendera dan fasilitas lainnya untuk dijadikan fitur tambahan dalam berfoto. Tak perlu khawatir kehausan, di puncak juga ada yang menjual es jeruk untuk pelepas dahaga.

Jika anda ingin mengitari Pulau Ulu kasok ini anda harus berjalan sekitar 600 meter ke tepian danau, pangkalan speedboat. Cukup membayar dengan 15 ribu rupiah, anda akan dibawa ke beberapa pulau diantaranya Pulau Qeis, Pulau Trend Camp dan Pulau Fada Englands.

Ulu Kasok
Transportasi Air Wisata Ulu Kasok Kampar.  © Detak Kampar.

Fasilitas dan Akomodasi

Di pulau ini juga ada tempat makan, gubuk untuk berfoto dan lain-lain. Anda juga bisa menginap dengan biaya yang perlu bayar diantaranya uang kebersihan 10 ribu rupiah per orang. Jika anda tidak membawa tenda, anda dapat menyewa dengan harga bervariasi, salah satu contohnya seperti Tenda A dengan kapasitas maksimal isi 10 orang disewakan dengan harga 100 ribu per malam, termasuk didalamnya tersedia lampu anti badai dan tikar.

Untuk wisata pulau, disediakan paket perjalanan. Mulai dari penginapan, speed boat, memancing ikan, dan bersampan ria. Kalau memancing, wisatawan akan dipandu oleh pemandu pulau. Pemandu akan mengantarkan pemancing ke tengah danau dengan sampan, tempat berkumpulnya ikan dan terima beres termasuk paket makan. Jadi anda tinggal memilih objek mana yang akan anda kunjungi terlebih dahulu.

Ulu Kasok
Rumah Pohon di Ulu Kasok Kampar Riau.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke objek wisata yang satu ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal karena harga tiket masuknya sangat terjangkau, yakni 10 ribu rupiah, sudah termasuk biaya parkir kendaraan sebesar 5 ribu rupiah. Jika anda ke Puncak Ulu Kasok, di pintu puncak akan di kenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah per orang. Cukup terjangkau bukan ?

Akses Lokasi Ulu Kasok

Untuk anda yang ingin berlibur ke Wisata Pulau Ulu Kasok anda dapat mengikuti rute perjalanan berikut ini:

  • Wisatawan dari luar Provinsi Riau

Untuk pengunjung dari luar provinsi Riau, silahkan menggunakan jalur udara dengan tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Jalan Perhubungan I, Bandara Sultan Syarif Kasim II, Bukit Raya, Simpang Tiga, Maharatu, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28284. Dari Bandar Udara Internasinal SSK II, anda dapat memilih rute berikut (klik teks berwarna biru untuk membuka Google Maps):

⇒ 2 jam 15 menit (82,5 km) melalui Jl. Bangkinang-Pekanbaru dan Jl. Bangkinang – Payakumbuh. Rute tercepat, meski lalu lintas normal.

→ Ke arah timur laut di Jl. Bandara Su menuju Jl. Bandara SSK IIJl. Jenderal Sudirman

→ Jl. Bandara Su belok sedikit ke kiri dan menjadi Jl. Jenderal Sudirman

→ Belok kiri ke Jl. Arifin Ahmad

→ Belok kiri ke Jl. Soekarno – Hatta

→ Belok kanan ke Jl. HR. Soebrantas PanamJl. Raya Pekan

→ Terus ke Jalan Raya Pekanbaru – Sungai Pagar/Jl. Raya Pekanbaru – Bangkinang (Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Raya Pekanbaru – Bangkinang)

→ Terus ke Jl. Bangkinang-Pekanbaru

→ Belok kiri

→ Belok kiri ke Jl. Bangkinang-Pekanbaru

→ Di bundaran, ambil jalan keluar ke-2 dan tetap di Jl. Bangkinang-Pekanbaru

→ Terus ke Jl. Salo-Bangkinang

→ Terus ke Jl. Bangkinang – Payakumbuh (Tujuan ada di sebelah kiri).

⇒ 2 jam 26 menit (106 km) melalui Jl. Lintas Petapahan – Garuda Sakti. Agak macet, seperti biasa.

→ Ke arah timur laut di Jl. Bandara Su menuju Jl. Bandara SSK IIJl. Jenderal Sudirman

→ Jl. Bandara Su belok sedikit ke kiri dan menjadi Jl. Jenderal Sudirman

→ Gunakan 2 lajur kanan untuk berbelok sedikit ke kanan

→ Gunakan lajur mana pun untuk belok kanan ke Jl. Jenderal Sudirman/Jl. Lintas Sumatra

→ Belok kiri ke Jl. Lintas Sumatra/Jl. Tuanku Tambusai

→ Di bundaran, ambil jalan keluar ke-2 menuju Jl. Jenderal Sudirman/Jl. Tuanku Tambusai

→ Terus lurus ke Jl. Air Hitam

→ Belok kanan ke Jl. Garuda Sakti/Jl. Lintas Petapahan – Garuda Sakti (Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Lintas Petapahan – Garuda Sakti)

→ Belok kiri untuk tetap di Jl. Lintas Petapahan – Garuda Sakti

→ Terus ke Jl. Lintas Petapahan – Bangkinang

→ Belok kanan untuk tetap di Jl. Lintas Petapahan – Bangkinang

→ Belok kanan ke Jl. Bangkinang-Pekanbaru/Jl. Profesor Moh. Yamin SH/Jl. Prof. M Yamin

→ Di bundaran, ambil jalan keluar ke-2 menuju Jl. Bangkinang-Pekanbaru

→ Terus ke Jl. Salo-Bangkinang

→ Terus ke Jl. Bangkinang – Payakumbuh (Tujuan ada di sebelah kiri).

Ulu Kasok
Panggung Selfie di Ulu Kasok Kampar.
  • Wisatawan dari dalam Provinsi Riau

⇒ Dari Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, 8 Jam 15 Menit (375 km) melalui Jl. Lintas Sumatra (Rute Tercepat). Buka di Google Maps.

⇒ Dari Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, 6 jam 7 menit (275 km) melalui Jl. Lintas Sumatra (Rute tercepat, meski lalu lintas normal). Buka di Google Maps.

⇒ Dari Kabupaten Kuantan Singingi, 4 jam 14 menit (184 km) melalui Jalan Lintas Pekanbaru (Rute tercepat). Buka di Google Maps.

⇒ Dari Pangkalan Kerinci Kota, Kabupaten Pelalawan,  3 jam 43 menit (146 km) melalui Jl. Lintas Sumatra dan Jl. Bangkinang-Pekanbaru (Rute tercepat, meski lalu lintas normal). Buka di Google Maps.

⇒ Dari Siak, Kabupaten Siak,  4 jam 33 menit (194 km) melalui Jl. Bangkinang-Pekanbaru (Rute tercepat). Buka di Google Maps.

⇒ Dari Kabupaten Bengkalis, 5 jam 44 menit (233 km) melalui Jl. Lintas Sumatra (Rute tercepat). Buka di Google Maps.

⇒ Dari Dumai, Kota Dumai, 5 jam 27 mnt (240 km) melalui Jl. Lintas Sumatra (Rute tercepat). Buka di Google Maps.

⇒ Dari Kabupaten Rokan Hulu, 3 jam 12 mnt (144 km) melalui Jl. Ujung Batu – Pasir Pengaraian (Rute tercepat). Buka di Google Maps.

⇒ Dari Kabupaten Rokan Hilir, 6 jam (266 km) melalui Jl. Lintas Sumatra (Rute tercepat). Buka di Google Maps.

⇒ Dari Kabupaten Kepulauan Meranti, n/a.

Anda berminat ?

Ulu Kasok
5 (100%) 1 vote
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Tinggalkan Balasan