Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kampar / Sungai Hijau

Sungai Hijau

/
/
/
1180 Views

Explore Riau, Kampar – Sungai Hijau adalah sebuah sungai kecil dengan airnya yang jernih dan dipenuhi batu-batu kecil di sepanjang dasarnya. Kejernihan air membuat batu-batu ini mudah dilihat. Lumut yang tumbuh di sebagian batu-batu kecil dan rumput air yang tumbuh di pinggir sungai membuat sungai ini semakin terlihat berwarna hijau yang akan memanjakan mata anda.

Terletak di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Sungai Hijau merupakan salah satu wisata alam yang cocok dijadikan sebagai liburan bersama keluarga. Destinasi wisata ini diberi nama Sungai Hijau bukan karena air sungai ini yang hijau, tetapi karena pepohonan dan aliran Sungai yang tampak kehijauan dan bening hasil dari penampakan lumut dan ganggang di dalam air.

Sungai Hijau, Wisata Keluarga di Kabupaten Kampar

Sungai di bagian depan atau yang lebih dekat ke jalan raya (bagian hilir) lebih luas dan dalam. Sedangkan semakin kedalam atau masuk ke arah kebun dan hutan lebih dangkal. Meski di bagian-bagian tertentu masih ada yang dalam. Titik paling dalam sungai ini tidak lebih dari 1,5 m. Sedangkan titik paling dangkal tidak kurang dari 30 cm.

Fasilitas dan Akomodasi Wisata Sungai Hijau

Sungai Hijau memiliki 3 tempat taman pemandian untuk bisa anda kunjungi. Panjang Sungai ini sekitar 400 m. Di dalam pemandian tidak hanya orang tua, dewasa, dan remaja saja, tetapi anak-anak dan balita juga ada. Tiket untuk memasuki tempat wisata ini hanya berkisar Rp 5000 per orang dan telah disediakan tempat parkir untuk kendaraan anda.

Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang bisa anda gunakan. Di Sungai Hijau ini ada tempat penyewaan pelampung dan tikar. Anda bisa menyewa dengan harga murah meriah. Sewa tikar Rp 10.000 dan pelampung Rp 5.000. Tidak perlu khawatir jika anda tidak membawa bekal dan makanan, karena di tempat ini ada beberapa warung yang menjual makanan cepat saji, makanan ringan, juga peralatan mandi dan lain-lain. Fasilitas umum yang ada di tempat wisata ini seperti Mushola dan WC Umum/ kamar ganti. Biaya untuk penggunaan WC umum Rp 2000 per 1 kali masuk.

Akses Menuju Lokasi Wisata Sungai Hijau

Untuk sampai ke lokasi tidaklah sulit. Jika anda berangkat dari Pekanbaru, anda akan menempuh jarak sekitar 1 jam 10 menit dengan menggunakan kendaraan roda 4 (empat). Jika anda memakai kendaraan roda 2 (dua), maka waktu tempuh anda akan semakin cepat. Ada dua jalur yang bisa di tempuh untuk menuju ke lokasi wisata Sungai Hijau yang masih alami ini, diantaranya sebagai berikut:

  1. Jalur pertama → ketika anda telah sampai di jalan lingkar Kota Bangkinang anda harus belok kiri setelah tugu yang biasa disebut Tugu Batu Belah. Jalan aspal mulus ini melewati komplek perkantoran pemerintahan Kabupaten Kampar. Tidak jauh dari komplek perkantoran tersebut anda akan menjumpai wisata Sungai Hijau yang masih alami yang dimiliki Kabupaten Kampar.
  2. Jalur kedua → melewati jalan raya Kota Bangkinang yang bertepatan di jalan Ahmad Yani atau jalan setelah Islamic Center. Setelah jalan Ahmad Yani, masuk ke jalan Tuanku Tambusai dan baru masuk ke jalan lingkar. Biasanya jalur ini lebih padat dan macet dibandingkan jalan lingkar. Jalan Raya Kota Bangkinang yang sangat ramai bila hari libur.

Bagaimana, Anda berminat ?

Untuk melihat versi asli artikel ini, silahkan klik disini.

Disclaimer : Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Sungai Hijau
5 (100%) 1 vote
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Tinggalkan Balasan