Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kampar / Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas

/
/
/
1190 Views

Explore Riau, Kampar – Air Terjun Batang Kapas adalah salah satu objek wisata alam dengan pesona yang menakjubkan di Kabupaten Kampar. Beberapa orang juga menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Pangkalan Kapas dan/atau Air Terjun Lubuk Bigau.

Air Terjun Batang Kapas
Explore Air Terjun Batang Kapas Kabupaten Kampar. © humas.riau.go.id.

Air Terjun Batang Kapas terletak di dataran tinggi Bukit Barisan, berada di wilayah Desa Lubuk Bigau (pemekaran dari desa Pangkalan Kapas) kecamatan Kampar Kiri Hulu, kabupaten Kampar, provinsi Riau. Air terjun tersebut diperkirakan memiliki ketinggian 150 meter pada musim hujan dan 125 meter pada musim kemarau dengan panorama alam yang sangat indah untuk dinikmati.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana alam, air terjun Batang Kapas merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi, karena lokasi air terjun tersebut masih dikelilingi hutan perawan dan berbagai macam Flora & Fauna yang bisa ditemui di sana. Wisatawan yang berkunjung dapat merasakan udara segar sambil dihibur kicauan burung yang mengiringi langkah.

Air Terjun Batang Kapas
Objek Wisata Air Terjun Batang Kapas Kabupaten Kampar Riau. © humas.riau.go.id.

Untuk mengunjungi air terjun Batang Kapas menggunakan mobil, dari Kota Pekanbaru dapat melalui Desa Lipat Kain dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan atau 71 km (Aspal). Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju desa Lubuk Bigau, ada beberapa desa yang akan dilewati diantaranya Desa Sontul, Tanjung Karang, Deras Tajak, dan Desa Batu Sasak.

Koordinat :

0°02’8,96° Selatan
100°46’16,57° Timur
Latitude : -0.035556
Longitude : 100.771111

Berjarak 1,3 km dari garis batas Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat.

Waktu jarak tempuh dari Desa Lipat Kain menuju Desa Lubuk Bigau 64 km atau 4 jam perjalanan tergantung kondisi cuaca. Bila cuaca hujan waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 6 jam perjalanan, hal ini dikarenakan di beberapa titik perjalanan kondisi jalannya masih tanah dan banyak tanjakan yang sangat terjal.

Setelah sampai di desa Lubuk Bigau sisa jarak tempuh untuk menuju air terjun Batang Kapas diperkirakan 4-5 km. Pengunjung atau wisatawan dapat menggunakan jasa ojek sepeda motor yang disediakan oleh masyarakat desa setempat dengan waktu tempuh 15 menit. Lalu dilanjutkan berjalan kaki melewati hutan belantara dengan waktu tempuh 3 jam.

Air Terjun Batang Kapas
Jelajah Wisata Air Terjun Batang Kapas Kabupaten Kampar. © humas.riau.go.id.

Untuk menuju Desa Lubuk Bigau masih ada kondisi ruas jalan tanah dengan tanjakan yang terjal. Disarankannya bagi wisatawan agar menggunakan mobil dobel gardan untuk akan melewati jalan tersebut, bila kondisi musim hujan.

Tips : Jangan Lupa Bernafas.

Untuk melihat versi asli artikel ini, silahkan klik disini.

Disclaimer for Air Terjun Batang Kapas

Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Air Terjun Batang Kapas
5 (100%) 1 vote
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Tinggalkan Balasan