Tembulun Berasap Batang Cenaku

Di Indragiri Hulu, Wisata Alam 157 views

Explore Riau, Indragiri Hulu – Tembulun Berasap Batang Cenaku. Kecamatan Batang Cenaku merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Kabupaten Indragiri Hulu (atau yang selanjutnya disebut inhu) yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Ada banyak sekali destinasi wisata menarik, khususnya wisata alam. Salah satunya yaitu Air Terjun Tembulun Berasap atau yang sering disebut dalam bahasa lokal sebagai Tembulun Berasap.

Tembulun Berasap Batang Cenaku

Tembulun Berasap diresmikan pada tanggal 23 Oktober 2016 oleh Kepala Bidang Pariwisata Disporabudsata bersama rombongan Oqurut dan lainnya. Masyarakat desa pejangki sebenarnya sudah lama mengetahui air terjun ini, hanya saja akses jalan menuju lokasi yang cukup sulit membuat warga belum sempat mempromosikannya secara massal.

Tembulun Berasap Batang Cenaku

Dinas pariwisata sendiri telah berencana untuk memberikan fasilitas sarana dan prasarana, khususnya pembangunan jalan menuju air terjun tembulun berasap ini. Pasalnya, jika akses jalan telah diperbaiki dan mudah dikunjungi maka diyakini akan ramai kunjungan wisata kesini. Bukan tanpa alasan, kunjungan wisata juga berpotensi menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tembulun Berasap Batang Cenaku

Di lokasi wisata ini tidak hanya terdapat 1 air terjun. Hingga kini ada 5 air terjun dengan ketinggian yang bervariasi yang telah dipublikasikan, semuanya memiliki nama “Tembulun” dan akan dijadikan sebagai destinasi wisata alam unggulan kabupaten Indragiri Hulu. Selain itu, air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang masih terasa asri. Hal tersebut membuat wisata ini layak dikunjungi oleh semua kalangan mengisi waktu libur.

Tembulun Berasap Batang Cenaku

Rute Menuju Tembulun Berasap Batang Cenaku

Tembulun berasap terletak di Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Ada 2 Rute yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 2. Keduanya melintasi kawasan Perkebunan Kelapa Sawit PT Arena. Berikut ini rincian singkatnya:

Rute Pertama : Via Desa Aur Cina.
Desa Aur Cina adalah desa setelah desa pejangki dan kilan. Simpang masuknya terletak tepat di depan kantor Kepala Desa Aur Cina. Selanjutnya akan memasuki kawasan PT Arvena yang sedikit membingungkan bila tidak memiliki pemandu atau teman.

Rute Kedua : Via Wisata Tembulun Arang, Desa Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida.
Pintu masuknya sama, namun selebihnya saya tidak tahu karena belum pernah menggunakan jalur tersebut.

Tembulun Berasap Batang Cenaku

Kemungkinan tersesat cukup besar ketika berada di kawasan Perkebunan Kelapa Sawit (PKS) PT Arvena karena ada banyak jalan dan persimpangan dengan ukuran yang sama. Jika kamu tidak memiliki pemandu atau teman, maka sering-seringlah bertanya kepada setiap orang yang kamu temui di perjalanan. Patokan untuk masuk ke Tembulun Berasap terletak pada sebuah simpang yang ukuran jalannya mengecil tepat di sebuah Tower.

Biaya Masuk Tembulun Berasap Batang Cenaku

Tembulun berasap dikelola oleh sebuah kelompok sadar wisata (POKDARWIS) yang bernama PESAT (Pemuda Sadar Wisata) Desa Pejangki. Biaya yang dikenakan untuk masuk ke kawasan wisata Tembulun Berasap adalah Rp5000,- per sepeda motor. Biaya tersebut untuk tiket masuk dan parkir. Murah kan ?

Tembulun Berasap Batang Cenaku

Review Tembulun Berasap Batang Cenaku

Tembulun Berasap memiliki banyak sekali tingkatan air terjun dengan ketinggian yang beragam. Ketika baru sampai, pengunjung akan diarahkan untuk menyusuri sungai ke bawah. Spot Utama yang aling sering dikunjungi terletak dibawah dengan ketinggian sekitar 6-7 meter dan kedalaman 13,5 meter. Air Terjunnya tidak tinggi, tetapi melebar dan kolamnya cukup luas. Bila tidak pandai renang, sebaiknya pilih kolam yang terletak di bagian bawahnya. Karena pada spot utama, kolamnya memiliki arus yang cukup kuat mendorong ke bawah.

Tembulun Berasap Batang Cenaku

Keindahan tembulun berasap bisa dinikmati dengan menyusuri sungai ke hulu ataupun ke hilir. Saya pribadi memilih untuk ke hilir karena ada banyak spot menarik untuk fotografi.

Tembulun Berasap Batang Cenaku

Tembulun Berasap berada di bawah jauh menuruni bukit dari lokasi parkir kendaraan. Hal ini membuat wisatawan lelah saat kembali pulang karena harus mendaki. Meski begitu, pengurus telah menyediakan beberapa kursi lelah yang dibuat menggunakan bahan alam.

Tembulun Berasap Batang Cenaku

Anda Berminat ?

Pencarian Terkait

Tags: #Air Terjun #Desa Pejangki #Explore Indonesia #Explore Indragiri Hulu #Explore Inhu #Explore Riau #Kabupaten Indragiri Hulu #Kecamatan Batang Cenaku #Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu #Tembulun #Wisata Indonesia #Wisata Indragiri Hulu #Wisata Lengkap #Wisata Riau

author
Penulis: 
Explore Riau adalah Situs Promosi Pariwisata Provinsi Riau No. 1 di Indonesia.
Air Terjun Sitanau
Air Terjun Sitanau
Indragiri Hulu, ExploreRiau.id – Air Terjun Sitanau. Pernahkah
Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban
Explore Riau, Kuantan Singingi – Air Terjun
Air Terjun Batang Kapas
Air Terjun Batang Kapas
Explore Riau, Kampar – Air Terjun Batang
Sungai Hijau
Sungai Hijau
Explore Riau, Kampar – Sungai Hijau adalah
  1. Festival Tembulun Berasap Pejangki | EXPLORE RIAU3 bulan yang lalu

    […] […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Baca Juga×

Top
%d blogger menyukai ini: