Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Indragiri Hulu / Komplek Makam Raja Indragiri

Komplek Makam Raja Indragiri

/
/
/
1236 Views

Explore Riau, Indragiri Hulu – Komplek Makam Raja Indragiri adalah salah satu peninggalan sejarah kerajaan melayu di kabupaten Indragiri Hulu. Komplek pemakaman Raja-raja Indragiri ini terletak di Desa/ Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Di komplek Pemakaman ini terdapat makam Raja Indragiri beserta keluarga dan pengikutnya. Diantaranya terdapat makam Raja Narasinga II beserta putranya Sultan Usuluddin, serta makam Panglima Raja Narasinga II yaitu Andi Sumpu Muhammad yang bergelar Panglima Jukse Besi yang memiliki makam sepanjang 12 Meter.

Menurut informasi dari Bapak Saharan Sepur melalui grup facebook, pengelolaan komplek pemakaman Raja Indragiri telah diambil alih dari pemda ke masyarakat sadar wisata. Hal ini tentu menjadi poin plus untuk pengelolaan objek wisata tersebut.

Jika dilihat dari gambar-gambar ini yang dimbil pada awal tahun 2017, terlihat sekali bahwa pengelolaan masih kurang maksimal. Ada banyak huruf-huruf nama yang lepas atau mungkin dilepas oleh tangan jahil.

Dikatakan pula oleh Bapak Saharan Sepur terkait huruf-guruf tersebut memang menggunakan bahan limit hanya 2 bulan pakai. Bahan tersebut adalah busa.

Komplek pemakaman raja ini berada di luar ruang yang secara langsung terpapar sinar matahari dan hujan, sehingga warna dari penggunaan cat yang tak sesuai ini menjadi mudah luntur. Meski demikian, pengunjung tetap dapat mengambil nilai-nilai sejarah dari Komplek Pemakaman Raja Indragiri ini.

Komplek ini merupakan situs cagar wisata sejarah yang masih layak dikunjungi. Akses jalan sangat mudah, bahkan kendaraan roda 4 bisa masuk. Selain itu, tepat di depan komplek makam raja terdapat sebuah danau, yaitu Danau Meduyan.

Komplek Makam Raja Indragiri
5 (100%) 2 votes
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Tinggalkan Balasan