Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Indragiri Hulu / Air Terjun Sitanau

Air Terjun Sitanau

/
/
/
1278 Views

Indragiri Hulu, ExploreRiau.id – Air Terjun Sitanau. Pernahkah kamu mendengar seseorang berkata “Jika kamu ingin mengenal temanmu lebih dalam, ajaklah dia mendaki gunung” ? Kenapa harus gunung ? Jika hanya untuk mengetahui kepribadian temanmu yang sesungguhnya, Air Terjun Sitanau bisa menjadi salah satu pilihannya.

Air Terjun Sitanau
ExploreRiau.id – Air Terjun Sitanau.

Air terjun Sitanau adalah salah satu destinasi wisata inhu yang belum dikenal banyak orang karena akses jalan yang buruk. Tidak hanya jalan becek, berlubang dan sempit seperti yang kamu bayangkan saat ini, tapi masih ada hal-hal lain yang bisa membuatmu menjerit dan ingin balik ke arah pulang.

Lokasi Air Terjun Sitanau

Air Terjun Sitanau
Air Terjun Sitanau.

Air terjun Sitanau terletak jauh di pelosok desa di Kabupaten Indragiri Hulu, yakni Desa Sanglap. Desa Sanglap merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Batang Cenaku, sebuah desa yang belum memiliki penerangan listrik (PLN). Dulunya pernah menggunakan listrik tenaga surya, namun kini sudah rusak dan tak bisa digunakan lagi. Selain itu, di desa Sanglap juga sulit mendapatkan jaringan telepon karena tidak ada tower di kampung ini. Penduduk kampung sini harus rela pergi ke bukit yang tinggi dan tidak banyak pohon untuk mendapatkan sinyal dan melakukan panggilan telepon.

Air Terjun Sitanau
exploreriau.id – Penduduk desa sanglap melakukan panggilan telepon dengan cara yang unik.

Spesifikasi Air Terjun Sitanau

Air terjun Sitanau memiliki 2 tingkatan, wisatawan akan disuguhi pesona air terjun yang asri dari bawah dengan ketinggian ± 30 meter. Tingkat pertama pada air terjun ini tidak memiliki kolam luas untuk renang, hanya cukup untuk berendam saja. Namun tetap harus waspada karena kontur dasarnya berbatu tajam dan tidak rata, serta ada sesuatu yang harus kamu tahu, baca terus ya!

Air Terjun Sitanau
exploreriau.id – Air Terjun Sitanau Tingkat Pertama.

Tingkat kedua air terjun sitanau memiliki ketinggian hanya berkisar ± 5 meter. Alirannya terhalang oleh sebuah batang pohon besar yang tumbang tepat di air terjun tersebut. Disini pengunjung bisa renang. Ada sebuah kolam buatan alam yang sangat jernih airnya dan sangat cocok untuk foto di dalam air. Meski tidak begitu luas, namun kolamnya memiliki kedalaman ± 4 meter. Cukup dalam untuk orang indonesia yang rata-rata memiliki tinggi badan kurang dari 2 meter.

Air Terjun Sitanau
exploreriau.id – Tingkat ke-2 Air terjun Sitanau.

Fasilitas di Air Terjun Sitanau

Selain menyuguhkan keindahan dan keasrian alam, adakah fasilitas lain ? Belum ada apa-apa seperti tempat khusus ganti pakaian untuk wanita, toilet umum, home stay, dan lain-lain. Benar-benar hanya ada air terjun untuk dinikmati. Pedagang ? Jangan mengharapkan pedagang disini.

Air Terjun Sitanau
exploreriau.id – Hammock Ria di pepohonan sekitar air terjun sitanau.

Pemandu lokal menjadi fasilitas yang dapat kamu gunakan untuk menuntun ke air terjun sitanau. Pemandu lokal bisa dijumpai ketika kamu berada di desa sanglap. Semua penduduk yang tidak sibuk biasanya bersedia untuk menjadi pemandu wisata. Salah satunya Jefri, pemandu lokal yang masih muda dan energic, dan ramah lingkungan, LOL.

Air Terjun Sitanau
exploreriau.id – Jefri sang pemandu.

Kabarnya, Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Yopi Arianto, sudah pernah berkunjung versi trabas ke air terjun ini ketika ada acara MTQ tahun lalu di desa sanglap. Jefri juga menyebutkan bahwa sudah dibentuk keanggotan pengurus wisata Air Terjun Sitanau. Terdapat sekitar 18 pemuda desa sanglap yang turut serta dalam kepengurusan ini.

Pada saat itu pengurus serta masyarakat desa sanglap sudah pernah gotong-royong membuat dan melebarkan jalan ke Air terjun sitanau seukuran 1 mobil jeep. Namun saat ini (2017)  kondisi jalan sudah kembali semak dan menyempit menyisakan setapak kecil ukuran 1 sepeda motor.

Akses Jalan menuju Air terjun Sitanau

Air Terjun Sitanau
exploreriau.id – Jefri sang pemandu berjalan lebih cepat, aku ketinggalan. LOL.

Jika kamu berminat untuk berkunjung kesini, silahkan baca artikel ini dengan santai. Untuk kamu yang berangkat dari arah Pekanbaru dan Indragiri Hilir, saya akan membuat patokan awal di Simpang 4 Tugu Ikan Patin Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat. Dari Tugu ikan patin bisa melanjutkan perjalanan ke menuju kecamatan batang cenaku, atau arah ke belilas. Kamu bisa menggunakan GPS/ Maps hingga ke desa Kilan (pasar Kilan).

Dari pasar kilan silahkan lanjutkan perjalanan ke arah desa Aur Cina menuju Desa Alim. Ikuti saja jalan beton sampai habis. Masuk ke Desa Alim akan menyentuh jalan aspal sedikit. Disini sebaiknya banyak-banyak bertanya, karena kalau salah jalan akan mengarahkan kamu ke Air Terjun Denalo. Untuk sampai ke desa sanglap, dari desa alim kamu harus melewati 2 desa lagi, yakni Desa Sipang dan Lahai Kemuning.

Jadi cukup ingat saja ini:

Pematang Reba → Belilas → Pasar Kilan (Kecamatan Batang Cenaku) → Aur Cina → Alim → Sipang → Lahai → Sanglap.

Air Terjun Sitanau
ini bukan yang terburuk.

Di beberapa lokasi terdapat jalan yang sangat jelek, berlubang, berlumpur. Entah siapa yang bertanggung jawab dalam pengelolalan jalan ini. Yang pasti ini sangat menyulitkan, terutama bila hujan. Daerah-daerah tersebut dimulai dari desa Sipang hingga ke Desa Sanglap.

Air Terjun Sitanau
Ikhsan, Zikri, Gian di desa sanglap.

Tiba di Desa Sanglap, usahakan sebelum jam 10.00 WIB. Jika sudah lebih, sebaiknya menginap di rumah warga setempat atau mendirikan tenda. Kenapa ? Dari desa Sanglap ke Air Terjun Sitanau memakan waktu ± 1 jam menggunakan sepeda motor dan ± 1 jam jalan kaki. Motor Matic sangat tidak disarankan. Perbedaan waktu dan kecepatan bisa terjadi tergantung pada kendaraan dan kondisi fisik dan mentalmu.

Kondisi mental diperlukan ?

Yups, inilah sebabnya saya sebut tempat ini cocok untuk mengetahui kepribadian temanmu selain melalui pendakian di gunung. Ketika seseorang mulai lelah, amarah akan meningkat. Selain kondisi jalan yang buruk dan harus jalan kaki di dalam hutan dan ada Pacet dimana-mana yang bisa menempel di tubuhmu, terutama bagian kaki hingga paha tanpa disadari. Mampukah kamu membayangkan itu ?

Air Terjun Sitanau
Kaki Hardi digigit pacet hingga pacetnya sebesar jari jentik. iew!

Jika kamu merasa geli atau jijik terhadap pacet, maka pertimbangkanlah untuk memilih memakai sepatu atau sandal. Gigitan pacet akan meninggalkan bekas dan membuat kulit terasa gatal beberapa hari. Bekas luka pada tubuh lelaki terlihat biasa saja. Namun jika pada wanita, sangat disayangkan tentunya. Jadi banyak-banyaklah membaca tentang cara mencegah dan menangani Pacet.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan, ada banyak cerita dan pengalaman yang sulit dilupakan dalam perjalanan ini. Sebaiknya kamu mencoba sendiri sensasi berada di luar rumah dengan menikmati keindahan alam dan keseruan bersama teman-teman. Air Terjun Sitanau, Desa Sanglap, Kecamatan Batang cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau siap menunggu kehadiran anda.

Air Terjun Sitanau
5 (100%) 1 vote
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Tinggalkan Balasan