Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Indragiri Hulu / Air Terjun Bengayauan

Air Terjun Bengayauan

/
/
/
1257 Views

Explore Riau, Indragiri Hulu – Air Terjun Bengayauan terletak di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Indonesia. Ada 2 air terjun berdekatan yang bisa kamu temukan ketika kamu berkunjung kemari. Lokasinya cukup jauh dari kota, dan akan sangat melelahkan bila kamu belum terbiasa dengan medan terjal dan jalan kaki.

Dusun Lemang adalah salah satu dusun di desa rantau langsat yang menjadi titik awal untuk menuju ke lokasi air terjun ini berada. Dari dusun lemang, kita akan melintasi dusun siamang hingga mencapi dusun bengayauan. Kemudian dari dusun bengayauan diperlukan tenaga ekstra untuk jalan kaki selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Terbayangkan lelahnya ?

Penduduk di dusun bengayauan dominan suku talang mamak. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena suku talang mamak tidak suka makan orang. Mereka juga sama seperti orang-orang di suku melayu, jawa, dan lainnya. Tingkat ekonomi dan tempat tinggallah yang membuatnya terkesan berbeda. Daerah ini termasuk ke dalam daerah pedalaman, sehingga aura mistik masih terasa, terlebih lagi jika kamu penakut.

AIR TERJUN BENGAYAUAN

Akses jalan menuju air terjun Bengayauan

Ada banyak sekali wisata alam di kabupaten indragiri hulu (inhu), tapi tidak semuanya bisa di akses menggunakan kendaraan roda 4 (mobil). Beberapa wisata alam unggulan yang masih asri hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 (sepeda motor) dan lebih disarankan menggunakan kendaraan khusus off-road. Selain itu, rute perjalanan pun tak bisa dilihat di google maps atau aplikasi sejenis karena tidak ada sinyal untuk mengaksesnya. Rutenya seperti yang sudah saya jelaskan di atas, namun jika kamu datang dari luar kota maka saya akan memberi patokan dari Kota Pekanbaru.

Dari kota pekanbaru, silahkan menuju ke kabupaten Indragiri Hulu tepatnya ke kecamatan Batang Gansal. Dalam perjalanan ini, kamu akan melintasi kabupaten Pelalawan. Mungkin sekitar 5 Jam perjalanan. Mungkin ? Ya karena saya tidak berangkat dari kota pekanbaru. Saya berangkat dari Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Indragiri Hulu.

Jika kamu sudah sampai ke kecamatan batang gansal, silahkan lanjutkan perjalanan menuju Desa Rantau Langsat. Disanalah kamu bisa mendapatkan pemandu lokal yang ramah dan paham daerah tujuan kamu.

AIR TERJUN BENGAYAUAN

Biaya dan Jasa Pemandu untuk berkunjung ke Air Terjun Bengayauan

Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi air terjun tualang, kamu tidak perlu khawatir. Penduduk lokal siap jadi pemandu perjalanan kamu. Selain penduduk lokal, juga ada banyak freelance guide yang dapat di sewa, serta pemandu berlisensi dari Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Banyak pilihan tentu banyak perbedaan, beda fasilitas, beda tarif.

Biaya pemandu dari penduduk lokal saat ini (Juni 2017) sebesar Rp150.000,- . Untuk freelance guide pasti bervariasi dan saya tidak tahu. Juga pemandu berlisensi belum diketahui biaya sewa pemandunya.

Biaya lain-lain adalah biaya yang dapat kamu perhitungkan sendiri untuk kebutuhan kamu disana. Jika kamu akan berkemah, tentu kamu butuh lebih banyak dana, logistik, dan barang bawaan.

Anda berminat ?

Kontak Kami disini

Referensi :

  1. https://www.facebook.com/mister.rizki
  2. https://www.instagram.com/trip_inhu/
Air Terjun Bengayauan
5 (100%) 1 vote
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Tinggalkan Balasan